Selasa, 19 Januari 2016

pengalaman melihat dan membantu persalinan



Pengalaman selama praktek di klinik kemarin



Awalnya sih gak tau mau ngapain di klinik soalnya baru pertama kali praktek soalnya kemarin praktek di rumah sakit belum pernah ngebantuin orang melahirkan. Pas hari pertama sampai hari ketiga sih masih awal-awal beradaptasi sama kakak-kakak bidan disana masih di dampingin untuk melakukan tindakan. Pas hari pertama gugup banget pas mau melakukan tindakan ANC langsung sama pasien,  masih takut salah melakukan leopold-leopoldnya. Tapi makin lama saya semakin bisa untuk melakukan ANC soalnya disana juga diajarin sama kakak-kakak bidannya. Kakak-kakak bidannya baik banget deh terus bidan kokom juga sangat baik soalnya bu bidan kokom sangat memperhatikan kita-kita yang praktek ditempat beliau. Kalau salah satu dari kita ada yang tidak  bisa kita selalu diajarkan oleh belia. Dari hari kehari ada yang bersalin awalnya bantu yang bersalin benar-benar tidak tahu harus melakukan apa, tidak tahu mau membantu apa soalnya sama sekali tidak ada bayangan untuk membantu orang bersalin, tetapi kemarin pertama kali membantu orang bersalin gemetaran banget. Disaat pertama kali membantu persalinan saya hanya membantu pemeriksaan fisik bayi baru lahir saja, lalu saya bersih-bersih tempat bekas yang bersalin tadi, dan membersihkan alat-alatnya dan mensterilkan alatnya. soalnya masih awal-awal jadi masih partus pandang. Keesokan harinya saya dikasih kesempatan untuk mencoba menyuntik pasien yang melakukan KB, awal-awal masih dipegangin sama kakak bidannya. Lalu dihari yang bersamaan ada juga yang mau melakukan KB suntik saya mulai pede disitu juga kakak bidannya sudah mempercayai saya untuk melakukan KB suntik dengan pasien. Mulai keesokannya kakak bidan sudah mempercayai saya untuk melakukan ANC, KB.

Ternyata diklinik juga ada untuk pemeriksaan USG, dan diklinik inilah saya baru tahu apa yang ada saat diperiksaa. Sama seperti yang awal-awal kemarin-kemarin gak tau harus ngapain pas disuruh jadi asisten dokter, ternyata hanya disuruh melihat dan memberi jelly pada perut pasien yang ingin memeriksa kehamilannya. Menakjubkan melihat pasien yang sedang melakukan USG ternyata ada pasien benar-benar tidak tahu kalau ternyata beliau didalam perutnya ada 2 bayi ternyata anaknya kembar, dan suami pasien sangat senang karna akan mempunyai anak kembar yang selama ini didambakan. Wiih senang banget yah suami istri ini yang sebentar lagi akan mempunyai anak kembar. Jadiiii pengen punya anak kembar. Ini pengalaman yang benar-bener berkesan banget dibandingkan dengan praktik kemarin di rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar